BREAKING

Wednesday 27 February 2013

Informasi Pendakian Gunung Semeru



SEMERU - Informasi Pendakian Gunung Semeru

INFORMASI PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Merah Putih di Puncak Mahameru (3.676 Mdpl)
Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 Mdpl, merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, dan gunung berapi tertinggi nomor 3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.805 Mdpl) dan Gunung Rinjani (3.726 Mdpl).

Semeru hanya memilik satu jalur pendakian yaitu melalui Desa Ranupani, Lumajang. Untuk menuju Ranupani, dari arah Malang (Terminal Arjosari) pendaki bisa menggunakan angkutan umum jalur TA (Tumpang-Arjosari) dan turun di pasar Tumpang. di pasar Tumpang pendaki bisa menggunakan hartop atau jeep untuk menuju Desa Ranupani, tarif kendaraan ini adalah Rp 450.000 per jeep (September 2011), satu jeep bisa di isi 10 sampai 15 orang. Pendaki juga bisa menggunakan truk untuk ke Ranupani dengan tarif Rp 30.000 per orang, hanya saja truk menuju desa Ranupani berangkat dari Tumpang sekitar jam 5.00 sampai jam 7.00 pagi. 

Akses Transportasi :
Malang [Terminal Arjosari] - Tumpang (angkutan umum Rp.5000)
Tumpang - Ranupani (jeep Rp 450.000/jeep, truk Rp 30.000/orang)
Perijinan Gunung Semeru:
Surat Kesehatan (Puskesmas Tumpang Rp 5.000)
Karcis Masuk TNBTS (Rp 2.500/orang)
Asuransi (Rp 2.000/orang)
Surat Ijin Pendakian (Rp 5.000/kelompok)
Foto copy KTP

Pendaki bisa mengurus Surat Ijin Pendakian di Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di dekat Pasar Tumpang, atau di Pos Perijinan di Desa Ranupani
Pendaki mulai berjalan kaki mulai dari Ranupani
Rute/ Jalur Pendakian Gunung Semeru :
-Ranupani - Ranu Kumbolo (4 jam)
-Ranu Kumbolo - Kalimati (3 jam)
-Kalimati - Arcopodo (1 jam)
-Arcopodo - Puncak Mahameru (5 jam)
Total jarak antara Ranupani - Puncak adalah sekitar 17 Km.. Tujuh belas kilometer yang sangat menakjubkan. sepanjang jarak itu pendaki akan disajikan pemandangan dan panorama alam yang luar biasa..
Memoriam Soe Hok Gie di Puncak Mahameru

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 wisata pendaki
Design by FBTemplates | BTT